Jumat, 27 Desember 2013

Jadi Bahan Tertawaan Syetan


Did you know….???
Sobat, biasanya suatu hal yang kecil itu selalu dianggap sepele. Padahal tidak semua hal kecil itu tidak penting. Kita tau bahwa semua hal besar itu berawal dari hal-hal kecil. Apalagi kalau itu menyangkut agama, hal-hal kecil tadi tidak lagi menjadi sepele, tapi menjadi sesuatu yang penting yang harus kita ketahui. 
Mengantuk merupakan sifat yang manusiawi. Semua orang pasti pernah merasakan itu, bahkan seorang Nabi sekalipun, karena pada asalnya Nabi juga manusia biasa. Ketika seseorang mengantuk, biasanya ia akan menguap. Dan taukah engkau sobat? Ternyata agama Islam ialah agama yang mengatur semua aspek kehidupan. Dari hal-hal kecil yang biasanya dilupakan, hingga hal-hal besar yang kerap diperdebatkan.  Syari’at islam yang sempurna ternyata juga mengatur ummatnya dalam hal menguap. Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda :
التَّثَاؤُبُ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَالَ: هَا، ضَحِكَ الشَّيْطَانُ
“Menguap itu datangnya dari syetan. Maka apabila salah seorang dari kamu menguap, maka hendaklah sedapat mungkin ia menahannya. Karena sesungguhnya  jika  salah seorang dari kamu menguap sampai mengatakan “haaa”, maka syetan akan tertawa.” (H.R Bukhari dan Muslim)

            Nah, setelah kita membaca hadis itu, hendaknya kita malu kepada Allah jika kita menguap sampai mengatakan “haaa”. Syetan yang derajatnya lebih rendah dari kita pun mempermalukan kita.  Sampai-sampai syetan mentertawakan kita, bukankan itu sangat merendahkan kewibawaan kita? karena saat itu kita sedang dijadikan bahan tertawaan mereka.  Maka dari itu sobat, hendaknya kita selalu menjaga akhlak dan perilaku kita dari hal-hal yang sepele sampai hal-hal yang besar. Dan jika kita lalai melakukan suatu hal yang keliru, maka hal yang pertama kita lakuakan ialah memohon ampun kepada Allah dengan megucap “Astaghfirullāhal’adzīm…
Wallāhu a’lamu bis-shawāb....
Title: Jadi Bahan Tertawaan Syetan; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

3 komentar:

Terimakasih telah membaca..dimohon masukannya ya.. :)